RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X / I
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
Standar Kompetensi:
Kompetensi dasar:
Menyimak
1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau
kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat
I.
Tujuan
Pembelejaran:
Setelah Proses
Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi dan menangkap makna,
gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan tentang perkenalan
II. Materi Pembelajaran:
·
Perkenalan (التعارف)
(أ)
+: اسمي خالد، ما سمك؟
- : اسمي خليل
+: كيف حالك؟
+: بخير، والحمد لله
- : من أين أنت؟
+: أنا من باكستان
- : هل أنت باكستاني؟
+: نعم أنا باكستاني، وما جنسيتك؟
- : أنا تركيا، أنا من تركي
+: ما عمرك؟
- : عمري خمس عشرة سنة، وأنت كم سنة عمرك؟
+: عمري خمس عشرة سنة أيضا
- : مع السلامة
+: مع السلامة
(ب)
حازم طالب كويتي يتعلم في المدرسة الثانوية ببلاده، وفي الإجازة الماضية زار
حازم إندونيسيا.
وفي خلال زيارته لإندونيسيا قام بزيارة بعض مدارسها الإسلامية بالإضافة إلى
معالمها السياحية.
قال حازم لطالب يرافقه اسمه مراد: إن إندونيسيا بلاد جميلة، أعجبتني مناظرها
الجميلة، وأعجبتني غاباتها الكثيفة، وأعجبتنى مزارعها الواسعة.
زار حازم احدى المدارس الثانوية الإسلامية بجاكرتا وتحدث مع
بعض طلابها وعبر عن سروره البالغ بزيارة بلاد إندونيسيا.
III. Metode:
·
Inkuiri
·
Diskusi
IV. Langkah Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
15 menit
|
|
· Guru mengucapkan salam
sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
· Guru mengecek kehadiran siswa
· Guru bersama siswa mengecek kesiapan
perangkat pembelajaran
· Guru menyampaikan
informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar
dan indikator pencapaian.
· Siswa menyebutkan
kata-kata yang biasa dipakai dalam perkenalan
· Siswa menyebutkan
ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam perkenalan
|
Pengalaman pribadi
|
||
2
|
Kegiatan Inti
|
60 menit
|
|
· Siswa mendengarkan
wacana lisan yang dibacakan guru (diulang 3x)
· Siswa menyebutkan
kata-kata yang didengar
· Siswa mencocokkan gambar
dengan ujaran yang didengar
· Siswa menuliskan
beberapa kata yang didengar dari guru
· Guru bersama siswa
mengoreksi hasil kerja yang telah dilaksanakan
· Siswa dibagi dalam
kelompok-kelompok kecil
· Tiap kelompok terdiri
dari 3-4 orang
· Tiap kelompok
mendiskusikan isi wacana lisan yang dibacakan guru
· Tiap kelompok menuliskan
isi wacana lisan secara umum
· Tiap kelompok
mendelegasikan perwakilannya untuk membaca hasil pekerjaannya di depan
ruangan laboratorium bahasa.
|
Guru/Buku Paket
Kartu kata
|
||
3
|
Penutup
|
15 menit
|
|
· Guru memberikan
pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
· Guru memberikan
penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
· Guru bersama siswa
merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan
dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
Instrumen latihan
|
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
· Guru
· Buku paket Pelajaran Bahasa Arab
· Laboratorium Bahasa
VI. Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
§ Mencocokkan
tulisan dengan kata, frasa atau kalimat yang didengar
§ Melengkapi
kalimat dengan kata yang disediakan
§ Menentukan
benar/salah ujaran yang didengar
§ Menentukan
tema dari wacana lisan
§ Menentukan
ide pokok dari wacana lisan.
§ Mengungkapkan
kembali informasi rinci dari wacana lisan.
§ Mengidentifikasi
kosa kata-kosa kata baru atau sulit
|
Tes tertulis
|
tulis
|
1.
Apa tema dialog
tersebut
2.
Ceritakan
kembali isi dialog dalam bentuk narasi
|
KRITERIA PENILAIAN
- Menyimak
No
|
Nama
|
Kriteria Dan Skala Penskoran
|
Skor
|
|||
Mengidentifikasi
tema
|
Menemukan
informasi tersurat
|
Menemukan
pesan
|
Menceritakan
kembali isi wacana
|
|||
1-15
|
1-20
|
1-30
|
1-35
|
100
|
||
1
|
Handoyo
|
15
|
15
|
25
|
30
|
85
|
2
|
Daryono
|
10
|
10
|
25
|
30
|
65
|
3
|
Edor
|
15
|
10
|
25
|
20
|
65
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X / I
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
Standar Kompetensi:
Memahami
informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan
keluarga
Kompetensi dasar:
Menyimak
1.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari
berbagai bentuk wacana lisan secara
tepat
II.
Tujuan
Pembelejaran:
Setelah Proses
Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi dan menangkap makna,
gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan tentang perkenalan
II. Materi Pembelajaran:
·
Perkenalan (التعارف)
(أ)
+: اسمي خالد، ما سمك؟
- : اسمي خليل
+: كيف حالك؟
+: بخير، والحمد لله
- : من أين أنت؟
+: أنا من باكستان
- : هل أنت باكستاني؟
+: نعم أنا باكستاني، وما جنسيتك؟
- : أنا تركيا، أنا من تركي
+: ما عمرك؟
- : عمري خمس عشرة سنة، وأنت كم سنة عمرك؟
+: عمري خمس عشرة سنة أيضا
- : مع السلامة
+: مع السلامة
(ب)
حازم طالب كويتي يتعلم في المدرسة الثانوية ببلاده، وفي الإجازة الماضية زار
حازم إندونيسيا.
وفي خلال زيارته لإندونيسيا قام بزيارة بعض مدارسها الإسلامية بالإضافة إلى
معالمها السياحية.
قال حازم لطالب يرافقه اسمه مراد: إن إندونيسيا بلاد جميلة، أعجبتني مناظرها
الجميلة، وأعجبتني غاباتها الكثيفة، وأعجبتنى مزارعها الواسعة.
زار حازم احدى المدارس الثانوية الإسلامية بجاكرتا وتحدث مع
بعض طلابها وعبر عن سروره البالغ بزيارة بلاد إندونيسيا.
III. Metode:
·
Inkuiri
·
Diskusi
IV. Langkah Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
15 menit
|
|
· Guru mengucapkan salam
sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
· Guru mengecek kehadiran siswa
· Guru bersama siswa mengecek kesiapan
perangkat pembelajaran
· Guru menyampaikan
informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar
dan indikator pencapaian.
· Siswa menyebutkan
kata-kata yang biasa dipakai dalam perkenalan
· Siswa menyebutkan
ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam perkenalan
|
Pengalaman pribadi
|
||
2
|
Kegiatan Inti
|
60 menit
|
|
· Siswa mendengarkan
wacana lisan yang dibacakan guru (diulang 3x)
· Siswa menyebutkan
kata-kata yang didengar
· Siswa mencocokkan gambar
dengan ujaran yang didengar
· Siswa menuliskan
beberapa kata yang didengar dari guru
· Guru bersama siswa
mengoreksi hasil kerja yang telah dilaksanakan
· Siswa dibagi dalam
kelompok-kelompok kecil
· Tiap kelompok terdiri
dari 3-4 orang
· Tiap kelompok
mendiskusikan isi wacana lisan yang dibacakan guru
· Tiap kelompok menuliskan
isi wacana lisan secara umum
· Tiap kelompok
mendelegasikan perwakilannya untuk membaca hasil pekerjaannya di depan
ruangan laboratorium bahasa.
|
Guru/Buku Paket
Kartu kata
|
||
3
|
Penutup
|
15 menit
|
|
· Guru memberikan
pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
· Guru memberikan
penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
· Guru bersama siswa
merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan
dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
Instrumen latihan
|
V. Sumber / Bahan / Alat Belajar:
· Guru
· Buku paket Pelajaran Bahasa Arab
· Laboratorium Bahasa
VI. Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
·
Mendengarkan wacana lisan dengan
menggunakan berbagai media (guru atau tape)
·
Mendiskusikan isi wacana lisan
·
Menuliskan isi wacana lisan secara
umum
·
Memaparkan isi wacana lisan secara
umum
|
Test : Tulis
(Ulangan harian)
|
tulis
|
1.
Apa tema dialog
tersebut
2.
Ceritakan
kembali isi dialog dalam bentuk narasi
|
KRITERIA PENILAIAN
- Menyimak
No
|
Nama
|
Kriteria Dan Skala Penskoran
|
Skor
|
|||
Mengidentifikasi
tema
|
Menemukan
informasi tersurat
|
Menemukan
pesan
|
Menceritakan
kembali isi wacana
|
|||
1-15
|
1-20
|
1-30
|
1-35
|
100
|
||
1
|
Handoyo
|
15
|
15
|
25
|
30
|
85
|
2
|
Daryono
|
10
|
10
|
25
|
30
|
65
|
3
|
Edor
|
15
|
10
|
25
|
20
|
65
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X / I
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
Standar Kompetensi:
Mengungkapkan
informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan
kehidupan keluarga
Kompetensi Dasar:
BERBICARA
2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan
lafal yang tepat
2.2 Melakukan dialog
sesuai konteks dengan tepat dan lancar
I.
Tujuan
Pembelajaran:
Setelah proses pembelajaran diharapkan
siswa mampu: Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan
dan melakukan dialog tentang perkenalan dengan lancar dan tepat.
II. Materi Pembelajaran:
Dialog tentang:
a)
Perkenalan , misalnya :
مصطفى :السلام عليكم
الطلاب:وعليكم السلام ورحمة الله، أهلا وسهلا
مصطفى: أهلا بكم، يا أصدقائي، هذه أخونا حازم من كويت
الطالب: تشرفنا
حازم: شرف الله مقدارك، ماسمك؟
الطالب: اسمي محمود، وهذا أختي منى
محمود: ما رأيك في بلادنا إندونيسيا؟
حازم: إنها بلاد جميلة، هي جنة الله في أرضه
منى: شكرا، والكويت أيضا جميلة
محمود: صحيح، بل هي دولة غنية، دولة البترول
حازم: ذلك فضل من الله؟
(انظر
اللغة العربية لقسم الأجنبية ص 1)
b) Hubungan dengan Tetangga
هل للجار حقوق يجب أن نحترمها يا أستاذ؟
نعم، للجار حقوق وعليه واجبات
وما هي يا أستاذ؟
وهي كثيرة، منها:
عيادته إذا مرض
تشييع جنازته إذا مات
تهنيئه إذا نجح ... إلخ
III. Metode:
·
Modeling
·
Inpairing
IV. Langkah Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
||
1
|
Pendahuluan
|
15 menit
|
|||
a.
Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan
menanyakan kabar siswa.
b.
Guru
mengecek kehadiran siswa
c.
Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan
disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d.
Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan
kembali kata-kata dan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya
e.
Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan
poin-poin yang ditanyakan pada saat berkenalan
f.
Guru meminta salah seorang siswa untuk menceritakan
pengalaman saat berkenalan
|
|||||
2
|
Kegiatan Inti
|
60 menit
|
|||
a.
Seluruh siswa mendengarkan contoh dialog yang
diperagakan oleh guru (diulang 3x)
b.
Seluruh siswa menirukan kata, frasa atau ungkapan yang
diucapkan guru
c.
Seluruh siswa secara bersama-sama menjadi partner guru
dalam berdialog
d.
5 orang siswa maju ke depan untuk mempraktekkan dialog
yang telah diprogramkan guru
e.
Setiap
siswa mengajukan pertanyaan kepada teman di kelas
f.
Setiap
siswa menjawab pertanyaan yang diajukan lawan bicara
g.
Setiap
siswa melakukan percakapan dengan teman sekelas/sebaya
|
|||||
3
|
Penutup
|
15 menit
|
|||
a.
Guru
memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
b.
Guru
memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang
tepat
c.
Guru
bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung,
meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
|||||
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
· Guru
· VCD
· Buku paket Pelajaran Bahasa Arab
· Ruang multimedia
VI. Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
·
Menirukan ujaran (kata,frasa,
kalimat) dengan tepat
·
Melafalkan ujaran (kata,frasa,
kalimat) dengan intonasi yang tepat
·
Menyampaikan informasi sederhana
sesuai konteks
·
Mengajukan pertanyaan sesuai
konteks
·
Menjawab pertanyaan sesuai konteks
·
Menceritakan keadaan/kegiatan
sesuai konteks
·
Melakukan percakapan sesuai
konteks
|
Tugas Kelompok
|
Bermain Peran
|
Mainkan sebuah drama dengan tema
perkenalan di sekolah ..!
|
KRITERIA PENILAIAN
- Berbicara
No
|
Nama
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
Ketepatan
kata/ungkapan
|
Kelancaran
|
Ketepatan
Intonasi
|
Kontekstual
|
|||
25
|
25
|
20
|
30
|
100
|
||
1
|
Heri Darmawan
|
20
|
20
|
20
|
25
|
85
|
2
|
Roby
|
20
|
10
|
20
|
25
|
75
|
3
|
Joni
|
25
|
20
|
10
|
30
|
85
|
Menghetahui
Kepala Madrasah
Moh. Dimyanto, S. Ag
|
Guru Mapel Bahasa Arab
Moh. Dimyanto, S. Ag
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X / I
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
Standar Kompetensi:
Memahami wacana
tulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga
Kompetensi dasar:
MEMBACA
·
Melafalkan
dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan benar
·
Mengidentifikasi
bentuk dan tema wacana secara tepat
·
Menemukan
makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat
I. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah proses
pembelajaran selesai, siswa diharapkan mampu: Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat,
mengidentifikasi tema wacana,
memperoleh informasi umum, informasi
tertentu dan atau rinci dari wacana tulis.
II. Materi Pembelajaran :
·
Kehidupan
Keluarga
ألسكن
(أ)
محمد طالب في المدرسة الثانوية، عمره تسع عشرة سنة وهو يسكن
في بيت جميل في حي المطار، في شارع القدس. قال محمد: يا والدي لا أستطيع النوم ولا
أستطيع القراءة. صوت الطائرات مزعج. ولماذا لا ننتقل إلى بيت جديد؟
قال والده: اصبر يا ولدي، هذه آخر سنة للمطار القديم. قال
محمد: وهل المطار الجديد داخل المدينة أيضا؟
قال والده: لا، المطار الجديد خارج المدينة. ابتسم محمد ثم
تناول كتابه.
(ب)
في بيت عمر حديقة واسعة. في الحديقة أشجار كثيرة وزهور
جميلة. هذه أشجار البرتقال وتلك أشجار التفاح، وهنا مسبح صغير وهناك ملعب كبير.
تجلس العائلة في في الحديقة، الأب يسبح في المسبح والأم
تقرأ بعض الصحف والمجلات، وعمر يراجع دروسه وفاطمة تكتب الواجب المنزلي.
في المساء تجلس العائلة في غرفة الجلوس، تشاهد التلفزيون ثم
تذهب إلى غرفة الطعام وتتناول العشاء
III. Metode :
·
Modelling
·
Diskusi
IV. Langkah Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
|
1
|
Pendahuluan
|
15
menit
|
||
a.
Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan
menanyakan kabar siswa.
b.
Guru
mengecek kehadiran siswa
c.
Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan
disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d.
Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan
alamat rumahnya
e.
Guru meminta salah seorang siswa yang lain untuk
menyebutkan beberapa istilah yang berkenaan dengan tempat tinggal
f.
Guru memaparkan istilah-istilah penting yang berkenaan
dengan tempat tinggal
|
Pengalaman pribadi
Guru
|
|||
2
|
Kegiatan Inti
|
60
menit
|
||
a.
Seluruh siswa mendengarkan lafal guru dalam membaca kata, frasa atau kalimat
b.
Seluruh siswa menirukan lafal guru dalam membaca kata,
frasa atau kalimat
c.
Seluruh siswa mendengarkan lafal guru dalam membaca wacana
d.
Seluruh siswa menirukan lafal guru dalam membaca wacana
e.
1
orang siswa memimpin teman-temannya membaca nyaring wacana tulis.
f.
Siswa
dibagi dalam kelompok kecil.
g.
Setiap
kelompok terdiri dari 2-3 orang.
h.
Setiap
kelompok mengidentifikasi kata-kata atau istilah-istilah yang sulit.
i.
Setiap
kelompok mengutus perwakilannya untuk menulis kata-kata atau istilah-istilah
yang sulit tersebut di papan tulis.
j.
Setiap
kelompok berdiskusi untuk menentukan tema dan ide pokok dari setiap paragraf.
k.
Setiap
kelompok membuat rangkuman dari isi wacana tulis tersebut.
l.
Setiap
kelompok membacakan hasil rangkumannya di depan kelas.
m.
Guru
membuat klasifikasi kata-kata yang ada di dalam wacana tulis ke dalam isim
dan fi’il.
n.
Guru
mengklasifikasi isim menjadi dua, yaitu النكرة والمعرفة.
o.
Siswa
membuat kesimpulan tentang اسم النكرة والمعرفة
|
Kitab Al Arabiah lin
Nasyiin
Kitab Al Arabiah lin
Nasyiin
Buku Nahwu
|
|||
3
|
Penutup
|
15
menit
|
||
a.
Guru
memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar kepada beberapa siswa.
b.
Guru
memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang
tepat
c.
Guru
bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung,
meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
Instrumen soal latihan
|
|||
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar :
· Buku العربية للناشئين Jilid 3 halaman: 33 dan
42
· Ruang multimedia
· LCD
VI. Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
·
Melafalkan kata/frasa/kalimat
dengan tepat
·
Membaca nyaring kata/frasa
/kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat
·
Menentukan tema wacana tulis
·
Menentukan ide pokok dari wacana
tulis
·
Menentukan informasi rinci dari
wacana tulis
·
Menafsirkan makna kata/ungkapan
sesuai konteks
·
Menjawab pertanyaan mengenai
informasi tertentu dari wacana tulis
·
Menjawab pertanyaan mengenai
informasi rinci dari wacana tulis
|
Individu
dan kelompok
|
Performa
dan unjuk kerja
|
1.
Bacalah dengan
benar teks berikut!
2.
Temukan ide
pokok dari setiap paragraf!
3. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
|
KRITERIA PENILAIAN
- Membaca
No
|
Nama
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
Ketepatan/
Kelancaran
|
Menemukan
informasi tersurat
|
Menemukan
ide pokok
|
Menemukan
pesan
|
|||
20
|
25
|
25
|
30
|
100
|
||
1
|
Buyung
|
10
|
10
|
20
|
20
|
60
|
2
|
Joy
|
20
|
10
|
20
|
20
|
70
|
3
|
Zulkifli
|
20
|
20
|
20
|
20
|
80
|
Menghetahui
Kepala Madrasah
Moh. Dimyanto, S. Ag
|
Guru Mapel Bahasa Arab
Moh. Dimyanto, S. Ag
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X / I
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
Standar Kompetensi:
Memahami informasi lisan
berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga
Kompetensi dasar:
MENULIS
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
4.2
Mengungkapkan
gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang bena
I. Tujuan Pembelajaran:
Setelah selesai
proses pembelajaran, siswa diharapkan mampu menulis kata, frasa dan kalimat
dengan menggunakan khat riq’ah serta dapat menyusun paragraf sesuai tema
II. Materi Pembelajaran:
·
Menyalin ayat al-Qur’an
ke dalam Khat riq’ah
إنما المؤمنون إخوة فأصلحوا بين أخويكم
إنما بعثت لأتمم مكارم
الأخلاق
·
Menulis dikte
kata-kata berikut
أهلا
وسهلا، مرحبا، تشرفنا، تسكن، شقة، حي، عمارة
·
Menyusun wacana
dengan topik tempt tinggal dengan bantuan kalimat-kalimat berikut:
1.
موقع البيت
2.
وصف البيت
3.
أنشطة أفراده
III. Metode:
·
Modelling
·
Diskusi
IV. Langkah Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
15
|
|
a.
Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan
menanyakan kabar siswa.
b.
Guru
mengecek kehadiran siswa
c.
Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan
disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d.
2 orang siswa menulis ayat ke dua dari surat al Fatihah
dengan khat riq’ah di papan tulis.
e.
Guru menulis kembali ayat tersebut dengan khat riq’ah
|
Kitab Al Qur’an
Buku panduan kaligrafii
|
||
2
|
Kegiatan Inti
|
60 menit
|
|
a.
setiap siswa menyalin khat riq’ah yang
dicontohkan oleh guru.
b.
Setiap siswa menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang
didiktekan guru
c.
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
d.
Setiap kelompok terdiri dari 5-6 orang
e.
Guru memberikan lembaran kertas kepada setiap kelompok
berisikan:
1. wacana tulis yang masih belum legkap.
2.
Kalimat-kalimat acak dari satu wacana.
f.
Setiap kelompok melengkapi wacana dengan kosa kata yang
tersedia dan menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi sebuah wacana yang
utuh.
g.
Hasil kerja kelompok dibacakan oleh perwakilan
masing-masing kelompok.
h.
Setiap kelompok memberi masukan kepada kelompok lain.
i.
Setiap kelompok membuat wacana sesuai tema dengan
memasukkan unsur kaidah tentang النكرة والمعرفة
|
Buku kaligrafi
Buku paket
Instrumen latihan
|
||
3
|
Penutup
|
15 menit
|
|
a.
Guru
memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar kepada beberapa
siswa.
b. Guru memberikan penjelasan dan memberikan
pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c. Guru bersama siswa merefleksi proses
pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan,
perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
Buku paket
|
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
· Guru
· Buku paket pelajaran Bahasa Arab Program Bahasa Asing
· Ruang kelas
VI. Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
·
Menulis kalimat dengan khat riq’ah
·
Menulis kata-kata, frasa atau
kalimat yang didektekan oleh guru
·
Menyusun kata / frasa menjadi
kalimat dengan struktur yang tepat
·
Menyusun frasa/kalimat yang
tersedia menjadi wacana
·
Membuat wacana/cerita sesuai tema
|
Individu (khat), kelompok (membuat
wacana)
|
Tes tulis
|
A. Salinlah tulisan ayat berikut ini ke dalam
khat riq’ah
وإذ قال لقمان لابنه وهو يعظه
يابني لا تشرك بالله إن الشرك لظلم عظيم
B. Buatlah wacana tentang topik wacana dengan
topik ”Hubungan Antar Tetangga (العلاقة مع
الجيران) dengan
bantuan kalimat-kalimat berikut:
نحن نعيش في المجتمع
يحتاج كل واحد منا إلى الآخر ويساعد بعضنا بعضنا بعضا.
للتجار حقوق يجب أن نحترمها ونحافظ عليها.
· اعانته إذا استعان
· اعارته إذا استعار
· عيادته إذا مرض
· تشييع جنازته إذا مات
· تهنيئه إذا نجح
وللمسلم واجبات لجاره لقوله صلى الله عليه وسلم: "من
كان يؤمن بالله واليوم الآخر فاليكرم جاره" وقوله: "المسلم من سلم
المسلمون من لسانه ويده"
|
KRITERIA PENILAIAN
- Menulis
No
|
Nama
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
Ketepatan
Tulisan
|
Keindahan
|
Ketepatan
kaidah
|
Pengembangan
ide
|
|||
20
|
20
|
30
|
30
|
100
|
||
1
|
Deni
|
15
|
15
|
20
|
20
|
70
|
2
|
Fauzan
|
15
|
20
|
20
|
15
|
70
|
Judul: RPP Bahasa Arab MA X
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Muh Wildan
Anda sedang membaca artikel RPP Bahasa Arab MA X. Jika ingin mengutip, harap mencatat sumber asli URL https://gurupembelajaran.blogspot.com/2014/02/rpp-bahasa-arab-ma-x.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini jika anda berkenan tolong menjadi bagian dari blog ini dengan join this site atau bergabung dalam lingkaran google+.
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Muh Wildan
Anda sedang membaca artikel RPP Bahasa Arab MA X. Jika ingin mengutip, harap mencatat sumber asli URL https://gurupembelajaran.blogspot.com/2014/02/rpp-bahasa-arab-ma-x.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini jika anda berkenan tolong menjadi bagian dari blog ini dengan join this site atau bergabung dalam lingkaran google+.
mumtazzzz
ReplyDelete