RPP daring FIKIH KELAS 7
Browse »
Home »
» RPP daring FIKIH KELAS 7
Dalam
masa pandemic kegiatan belajar harus tetap diadakan. Para pelaku pendidikan
menerapkan metode pembelajaran dengan system daring atau online. Bagi guru
tentu harus menyiapkan rpp daring juga agar proses pembelajaran dapat berjalan lancer
dan terarah.
Disini
kami ingin berbagi rpp fikih kelas 7 dengan proses pembelajaran daring. Rpp
sekarang berbeda dengan rpp yang dulu yang tebalnya melebihi buku materi
pelajaran sendiri. Di era mas menteri Nadiem Makarim rpp pembelajaran diringkas
menjadi satu lembar saja.
Dibawah
ini merupakan contoh rpp fikih kelas 7.
Materi shalat jamak dan qashar Bagi yang
berminat silakan copy saja. Semoga bermanfaat
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madarash :
MTs DDI Ogoamas Mata Pelajaran : FIKHI
Kelas/Semester :
VII/II
Materi ; SHALAT JAMAK DAN QASAR
Alokasi Waktu :
2x40 Menit (1 kali pertemuam)
A. Tujuan
Pembelajaran
1.2 Menerima ketentuan shalt jamak dan qasar
2.2 Menghayati nilai-nilai positif dalam
shalat jamak dan qasar
3.3 Memahami ketentuan shalat jamak dan
qasar
B. Langkah
–Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Alat dan Bahan
a.
Buku Guru. Buku Siswa, leptop, Mesjid
b.
Pertanyaan
a.
Apakah anda selalu melaksanakan shalat jamak
dan qasar
b.
Bagaimana hukum shalat jamak dan qasar
2.
Kegiatan Pendahuluan
a.
Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
b.
Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi
tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
c.
Guru memberikan informasi tentang tujuan dan
manfaat mempelajari seputar shalat jamak dan qasar.
d.
Guru dapat memakai beberapa alternatif
media/alat peraga/alat bantu,
3.
Kegiatan inti
a.
Guru memberikan penjelasan tambahan dan
pengetahuan yang dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut
b.
Guru Menyampaikan gambaran teknis tentang
tata cara sahalat jamak dan qasar
c.
Peserta didik secara bergantian
membertataekan tata cara shalat jamak dan
qasar sesuai dengan ketentuan dalam syarat sedangkan yang lannya memperhatikan
C. Penutup
dan Penilaian
1.
Penutup
a) Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah
dilaksanakan.
b) Guru memberi apresiasi terhadap hasil kerja siswa
c) Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa
2.
Penilaian
a.
Sikap spiritual : Mengharagai dan menyakini
ajaran agama Islam
b.
Sikap Sosial : Percaya diri, intraksi, jujur, gotong
royong, Sopan
c.
Pengetahuan :
Keaktipan Berdiskusi, manpu menganalisa dengan
baik
d.
Keterampilan : Peraktek shalat jamak dan qasar
Mengetahui Ogoamas..................... 2020.
Kepala Madrasah Guru
fikhi
MUADILAH,S. Ag,.M.Pd. HASNAH BASRI.SS NIP : 197207282000032002
No comments:
Post a Comment