Saturday, September 21, 2013

Pendidikan Islam Menurut Madrasah Dan Sekolah Umum

image by  www.dreamstime.com


Kalau kita melihat lembaga pendidikan yang menjamur di Indonesia khususnya sekolahan maka kita akan melihat dua jenis sekolahan, yaitu sekolahan umum dan sekolahan madrasah. Selain jenis
sekolahan tersebut sebenarnya masih ada, seperti sekolahan yang berasazkan agama Kristen atau budha. Adapun untuk sekolahan kejuruan dalam tulisan ini kita golongkan kepada sekolahan umum.
Madrasah merupakan sekolahan yang berdasarkan islam yang menjamur di Indonesia, tidak sedikit jumlah madrasah yang berdiri serta berkembang di Indonesia. Untuk sekolahan umum pun sama saja, tidak sedikit sekolahan umum yang berdiri atas dasar perencanaan negara yang dibawaih oleh menteri pendidikan dan kebudayaan. Meskipun demikian sekolahan umum yang berdiri sendiri tidak menggantungkan di ketek kementerian juga banyak.
Masyarakat Indonesia terkadang bingung ketika melihat sebuah lembaga pendidikan, apakah sekolahan yang sedang dilihat itu sekolahan umum atau madrasah?. Hal ini dikarenakan tidak sedikit sekolahan umum yang mmberi label seperti halnya madrasah, begitu juga sebaliknya lembaga pendidikan madrasah tapi manajemennya tidak layaknya madrasah pada umumnya. Untuk mengetahui hal tersebut kita simak uraian perbedaan sekolah dan madrasah di bawah ini.
  1. Lembaga pendidikan madrasah didirikan atas dasar hasrat, motivasi, niat (rencana yang sungguh-sungguh) dan semangat untuk memanifestasikan atau mengejawantahkan nilai dan aturan islam yang diwujudakkan dalam visi, misi, tujuan, maupun program pendidikannya. Sedangkan sekolah umum didirikan dan diselenggarakan atas dasar tercapainya tujuan nasional terkait pendidikan.
  2. Semua tenaga pendidik dan tenaga kependidikan atau guru dalam madrasah harus beragama islam. Untuk sekolah umum tidak mensyaratkan agama islam, Kristen, maupun agama lainnya supaya bisa masuk kedalam sekolah umum tersebut sebagai tenaga pendidik atau tenaga kependidikannya.
  3. Dalam tujuan pendidikan madrasah berharap dan berusaha membentuk ulama (orang yang ahli) yang intelektual sedangkan sekolah umum berharap dan berusaha membentuk peserta didiknya menjadi seorang intelektual yang ahli (ulama).
  4. Mata pelajaran agama islam di break down atau dibagi menjadi beberapa bagian mata pelajaran seperti al quran hadits, aqidah akhlak, fiqih, sejarah kebudayaan islam, dan bahasa arab sehingga porsi mata pelajaran agama islam lebih banyak dari pada sekolah umum yang menjadikan satu pelajaran dalam pelajaran pendidikan agama islam. Untuk porsi atau jam pelajaran pendidikan agama islam di sekolah umum biasanya hanya ada 2 jam pelajaran, baru-baru ini ada kabar kalau mata pelajaran pendidikan agama islam mendapatkan 4 jam pelajaran dalam seminggu. Dalam dua atau empat jam tersebut di sekolah umum materi pendidikan islam mencakup sub materi al quran hadits, aqidah atau keimanan, akhlak, ibadah, syariah, muammalah, fiqh, dan sejarah kebudayaan islam.
  5. Peserta didik baik putra maupun puteri yang ada belajar di sekolah madrasah diwajibkan memakai pakaian atau seragam tradisi muslim di daerah tersebut. Berbeda dengan sekolah umum yang menggunakan pakaian etika dan norma yang berlaku sebagai acuan pembuatan seragam.
  6. Dalam pelaksanaan pendidikan agama islam sekolah umum hanya didekati secara keilmuan (kajian kritis rasional, obyektif empirik, dan universal terhadap masalah keagamaan islam) berbeda di madrasah pendidikan agama islam dalam pendekatannya madrasah menerapkan pendidikan agama islam tidak hanya secara keilmuan belaka (kajian kritis rasional, obyektif empirik, dan universal terhadap masalah keagamaan islam) tetapi juga didekati secara keilmuan juga.

Dari pemaparan diatas kita bisa melihat dan menganalisis sebuah sekolahan itu termasuk sekolahan umum atau sekolah yang berbasis madrasah. Semoga penjelasan perbedaan antara sekolah umum dan madrasah menjadikan sadar dan tanggung jawab dan kewajiban yang harus dilakukan oleh mereka pengelola, pendidik, tenaga kependidikan, atau peserta didik dari sekolah umum atau madrasah.

Judul: Pendidikan Islam Menurut Madrasah Dan Sekolah Umum
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh muhammad wildan
Anda sedang membaca artikel Pendidikan Islam Menurut Madrasah Dan Sekolah Umum . Jika ingin mengutip, harap mencatat sumber asli URL http://gurupembelajaran.blogspot.com/2013/09/pendidikan-islam-menurut-madrasah-dan.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini jika anda berkenan tolong menjadi bagian dari blog ini dengan join this site atau bergabung dalam lingkaran google+.

1 comment:

untuk anda