Sunday, July 12, 2020

PENGERTIAN ANALISIS SKL, KI, DAN KD

Seorang guru abad 21 harus mengetahui apa itu SKL (standar kelulusan), KI (kompetensi inti), dan KD (kompetensi dasar). Komponen perangkat pembelajaran diatas merupakan dokumen penting yang harus dimiliki guru

1.    ANALISIS STANDAR KELULUSAN (SKL) DAN KOMPETENSI INTI (KI)

 

Analisis Standar Kelulusan (SKL) dan Kompetensi Inti (KI) merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh guru sebelum melaksanakan proses pembelajaran. Dasar dalam melakukan analisis adalah Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 tentang SKL dan Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi.

http://gurupembelajaran.blogspot.com/2020/07/pengertian-analisis-skl-ki-dan-kd.html

Berdasarkan Lampiran Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 yang dimaksud dengan Standar Kompetensi Lulusan adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Standar Kompetensi Lulusan terdiri atas kriteria kualifikasi kemampuan peserta didik yang diharapkan dapat dicapai setelah menyelesaikan masa belajarnya di satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Dan berdasarkan Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016, Kompetensi Inti (KI) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi Inti dirancang untuk setiap kelas. Melalui kompetensi inti, sinkronisasi horizontal berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal

berbagai kompetensi dasar pada mata pelajaran yang sama pada kelas yang berbeda dapat dijaga pula.

Analisis dilakukan di awal tahun pelajaran, bukan pada saat proses tahun pelajaran berjalan. Tanpa melakukan analisis terhadap SKL dan KI dikhawatirkan proses pembelajaran yang dilaksanakan tidak jelas arah tujuannya.

 

2.    TUJUAN STANDAR KELULUSAN (SKL) DAN KOMPETENSI INTI (KI)

a.   Tujuan Analisis SKL

Tujuan analisis SKL untuk mengetahui arah capaian setiap peserta didik dalam menuntaskan pembelajaran yang dilakukan. Selama menjalani proses pembelajaran peserta didik harus mampu memenuhi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah ditetapkan pada Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 pada setiap jenjang pendidikan.

b.   Tujuan Analisis KI

Tujuan analisis KI untuk mengetahui apakah KI yang telah dirumuskan menunjang dalam pencapaian SKL. Terdapat empat KI yaitu KI sikap spiritual (KI-1), KI sikap sosial (KI-2), KI pengetahuan (KI-3), dan KI keterampilan (KI-4).


 

 

3.    Langkah- langkah Analisis SKL dan KI

      Bagaimana cara menganalisis SKL dan KI yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

a.    Membaca dan memahami Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi;

b.    Melihat tuntutan yang ada pada deskripsi SKL dan KI;

c.    Memperhatikan:

1.    dimensi pengetahuan pada SKL dan KI;

2.    komponen pengetahuan/keterampilan pada SKL dan KI;

3.    tempat penerapan yang digambarkan pada SKL dan KI.

d.    Melihat keterkaitan antara SKL dengan KI.

 


Judul: PENGERTIAN ANALISIS SKL, KI, DAN KD
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Muh Wildan
Anda sedang membaca artikel PENGERTIAN ANALISIS SKL, KI, DAN KD. Jika ingin mengutip, harap mencatat sumber asli URL http://gurupembelajaran.blogspot.com/2020/07/pengertian-analisis-skl-ki-dan-kd.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini jika anda berkenan tolong menjadi bagian dari blog ini dengan join this site atau bergabung dalam lingkaran google+.

No comments:

Post a Comment