Thursday, February 20, 2014

RPP Bahasa Arab MA X

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     X / I
Alokasi Waktu         :     2  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang
perkenalan dan kehidupan keluarga

Kompetensi dasar:
      Menyimak
1.1     Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat

I.      Tujuan Pembelejaran:
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi dan menangkap makna, gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan tentang perkenalan

II. Materi Pembelajaran:
·   Perkenalan (التعارف)
(أ)
+: اسمي خالد، ما سمك؟
- : اسمي خليل
+: كيف حالك؟
+: بخير، والحمد لله
- : من أين أنت؟
+: أنا من باكستان
- : هل أنت باكستاني؟
+: نعم أنا باكستاني، وما جنسيتك؟
- : أنا تركيا، أنا من تركي
+: ما عمرك؟
- : عمري خمس عشرة سنة، وأنت كم سنة عمرك؟
+: عمري خمس عشرة سنة أيضا
- : مع السلامة
+: مع السلامة

(ب)
حازم طالب كويتي يتعلم في المدرسة الثانوية ببلاده، وفي الإجازة الماضية زار حازم إندونيسيا.
وفي خلال زيارته لإندونيسيا قام بزيارة بعض مدارسها الإسلامية بالإضافة إلى معالمها السياحية.
قال حازم لطالب يرافقه اسمه مراد: إن إندونيسيا بلاد جميلة، أعجبتني مناظرها الجميلة، وأعجبتني غاباتها الكثيفة، وأعجبتنى مزارعها الواسعة.
زار حازم احدى المدارس الثانوية الإسلامية بجاكرتا وتحدث مع بعض طلابها وعبر عن سروره البالغ بزيارة بلاد إندونيسيا.
III. Metode:
·   Inkuiri
·   Diskusi

IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

·   Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
·   Guru mengecek kehadiran siswa
·   Guru bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
·   Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
·   Siswa menyebutkan kata-kata yang biasa dipakai dalam perkenalan
·   Siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam perkenalan






Pengalaman pribadi

2
Kegiatan Inti

60 menit

·   Siswa mendengarkan wacana lisan yang dibacakan guru (diulang 3x)
·   Siswa menyebutkan kata-kata yang didengar
·   Siswa mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
·   Siswa menuliskan beberapa kata yang didengar dari guru
·   Guru bersama siswa mengoreksi hasil kerja yang telah dilaksanakan
·   Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil
·   Tiap kelompok terdiri dari 3-4 orang
·   Tiap kelompok mendiskusikan isi wacana lisan yang dibacakan guru
·   Tiap kelompok menuliskan isi wacana lisan secara umum
·   Tiap kelompok mendelegasikan perwakilannya untuk membaca hasil pekerjaannya di depan ruangan laboratorium bahasa.
Guru/Buku Paket

Kartu kata

3
Penutup

15 menit

·   Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
·   Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
·   Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa

Instrumen latihan


V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·   Guru
·   Buku paket Pelajaran Bahasa Arab
·   Laboratorium Bahasa

VI. Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen

§  Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau kalimat yang didengar
§  Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan
§  Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
§  Menentukan tema dari wacana lisan
§  Menentukan ide pokok dari wacana lisan.
§  Mengungkapkan kembali informasi rinci dari wacana lisan.
§  Mengidentifikasi kosa kata-kosa kata baru atau sulit

Tes tertulis

tulis

1.    Apa tema dialog tersebut
2.    Ceritakan kembali isi dialog dalam bentuk narasi



KRITERIA PENILAIAN
  1. Menyimak

No
Nama
Kriteria Dan Skala Penskoran
Skor
Mengidentifikasi tema
Menemukan informasi tersurat
Menemukan pesan
Menceritakan kembali isi wacana
1-15
1-20
1-30
1-35
100
1
Handoyo
15
15
25
30
85
2
Daryono
10
10
25
30
65
3
Edor
15
10
25
20
65







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     X / I
Alokasi Waktu         :     2  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga

Kompetensi dasar:
      Menyimak
1.2     Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara  tepat

II.    Tujuan Pembelejaran:
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi dan menangkap makna, gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan tentang perkenalan

II. Materi Pembelajaran:
·   Perkenalan (التعارف)
(أ)
+: اسمي خالد، ما سمك؟
- : اسمي خليل
+: كيف حالك؟
+: بخير، والحمد لله
- : من أين أنت؟
+: أنا من باكستان
- : هل أنت باكستاني؟
+: نعم أنا باكستاني، وما جنسيتك؟
- : أنا تركيا، أنا من تركي
+: ما عمرك؟
- : عمري خمس عشرة سنة، وأنت كم سنة عمرك؟
+: عمري خمس عشرة سنة أيضا
- : مع السلامة
+: مع السلامة

(ب)
حازم طالب كويتي يتعلم في المدرسة الثانوية ببلاده، وفي الإجازة الماضية زار حازم إندونيسيا.
وفي خلال زيارته لإندونيسيا قام بزيارة بعض مدارسها الإسلامية بالإضافة إلى معالمها السياحية.
قال حازم لطالب يرافقه اسمه مراد: إن إندونيسيا بلاد جميلة، أعجبتني مناظرها الجميلة، وأعجبتني غاباتها الكثيفة، وأعجبتنى مزارعها الواسعة.
زار حازم احدى المدارس الثانوية الإسلامية بجاكرتا وتحدث مع بعض طلابها وعبر عن سروره البالغ بزيارة بلاد إندونيسيا.

III. Metode:
·   Inkuiri
·   Diskusi

IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

·   Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
·   Guru mengecek kehadiran siswa
·   Guru bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
·   Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
·   Siswa menyebutkan kata-kata yang biasa dipakai dalam perkenalan
·   Siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam perkenalan






Pengalaman pribadi

2
Kegiatan Inti

60 menit

·   Siswa mendengarkan wacana lisan yang dibacakan guru (diulang 3x)
·   Siswa menyebutkan kata-kata yang didengar
·   Siswa mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
·   Siswa menuliskan beberapa kata yang didengar dari guru
·   Guru bersama siswa mengoreksi hasil kerja yang telah dilaksanakan
·   Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil
·   Tiap kelompok terdiri dari 3-4 orang
·   Tiap kelompok mendiskusikan isi wacana lisan yang dibacakan guru
·   Tiap kelompok menuliskan isi wacana lisan secara umum
·   Tiap kelompok mendelegasikan perwakilannya untuk membaca hasil pekerjaannya di depan ruangan laboratorium bahasa.
Guru/Buku Paket

Kartu kata

3
Penutup

15 menit

·   Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
·   Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
·   Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa

Instrumen latihan


V. Sumber / Bahan / Alat Belajar:
·   Guru
·   Buku paket Pelajaran Bahasa Arab
·   Laboratorium Bahasa

VI. Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen

·   Mendengarkan wacana lisan dengan menggunakan berbagai media (guru atau tape)
·   Mendiskusikan isi wacana lisan
·   Menuliskan isi wacana lisan secara umum
·   Memaparkan isi wacana lisan secara umum

Test : Tulis
(Ulangan harian)

tulis

1.    Apa tema dialog tersebut
2.    Ceritakan kembali isi dialog dalam bentuk narasi



KRITERIA PENILAIAN

  1. Menyimak

No
Nama
Kriteria Dan Skala Penskoran
Skor
Mengidentifikasi tema
Menemukan informasi tersurat
Menemukan pesan
Menceritakan kembali isi wacana
1-15
1-20
1-30
1-35
100
1
Handoyo
15
15
25
30
85
2
Daryono
10
10
25
30
65
3
Edor
15
10
25
20
65









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     X / I
Alokasi Waktu         :     2  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga

Kompetensi Dasar:
      BERBICARA
2.1     Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat
2.2     Melakukan dialog  sesuai konteks dengan tepat dan lancar


I.      Tujuan Pembelajaran:
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa mampu: Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dan melakukan dialog tentang perkenalan dengan lancar dan tepat.

II. Materi Pembelajaran:

Dialog tentang:
a) Perkenalan , misalnya :
مصطفى :السلام عليكم
الطلاب:وعليكم السلام ورحمة الله، أهلا وسهلا
مصطفى: أهلا بكم، يا أصدقائي، هذه أخونا حازم من كويت
الطالب: تشرفنا
حازم: شرف الله مقدارك، ماسمك؟
الطالب: اسمي محمود، وهذا أختي منى
محمود: ما رأيك في بلادنا إندونيسيا؟
حازم: إنها بلاد جميلة، هي جنة الله في أرضه
منى: شكرا، والكويت أيضا جميلة     
محمود: صحيح، بل هي دولة غنية، دولة البترول
حازم: ذلك فضل من الله؟
(انظر اللغة العربية لقسم الأجنبية ص 1)
b) Hubungan dengan Tetangga
هل للجار حقوق يجب أن نحترمها يا أستاذ؟
نعم، للجار حقوق وعليه واجبات
وما هي يا أستاذ؟
وهي كثيرة، منها:
عيادته إذا مرض
تشييع جنازته إذا مات
تهنيئه إذا نجح ... إلخ


III. Metode:
·   Modeling
·   Inpairing

IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

a.    Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.    Guru mengecek kehadiran siswa
c.    Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d.    Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
e.    Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan poin-poin yang ditanyakan pada saat berkenalan
f.     Guru meminta salah seorang siswa untuk menceritakan pengalaman saat berkenalan


2
Kegiatan Inti

60 menit

a.    Seluruh siswa mendengarkan contoh dialog yang diperagakan oleh guru (diulang 3x)
b.    Seluruh siswa menirukan kata, frasa atau ungkapan yang diucapkan guru
c.    Seluruh siswa secara bersama-sama menjadi partner guru dalam berdialog
d.    5 orang siswa maju ke depan untuk mempraktekkan dialog yang telah diprogramkan guru
e.    Setiap siswa mengajukan pertanyaan kepada teman di kelas
f.     Setiap siswa menjawab pertanyaan yang diajukan lawan bicara
g.    Setiap siswa melakukan percakapan dengan teman sekelas/sebaya


3
Penutup

15 menit

a.    Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
b.    Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.    Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa




V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·   Guru
·   VCD
·   Buku paket Pelajaran Bahasa Arab
·   Ruang multimedia

VI. Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen

·   Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
·   Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat
·   Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks
·   Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
·   Menjawab pertanyaan sesuai konteks
·   Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
·   Melakukan percakapan sesuai konteks


Tugas Kelompok

Bermain Peran

Mainkan sebuah drama dengan tema perkenalan di sekolah ..!








KRITERIA PENILAIAN

  1. Berbicara
No
Nama
Kriteria
Skor
Ketepatan kata/ungkapan
Kelancaran
Ketepatan Intonasi
Kontekstual
25
25
20
30
100
1
Heri Darmawan
20
20
20
25
85
2
Roby
20
10
20
25
75
3
Joni
25
20
10
30
85









Menghetahui
Kepala Madrasah



Moh. Dimyanto, S. Ag

Guru Mapel Bahasa Arab




Moh. Dimyanto, S. Ag


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     X / I
Alokasi Waktu         :     2  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga

Kompetensi dasar:
MEMBACA
·         Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan benar
·         Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat
·         Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat

I. Tujuan Pembelajaran     :                                                                    
Setelah proses pembelajaran selesai, siswa diharapkan mampu: Membaca nyaring  kata, frasa dan atau kalimat, mengidentifikasi  tema wacana, memperoleh  informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis.

II. Materi Pembelajaran      :
·   Kehidupan Keluarga
ألسكن
(أ)
محمد طالب في المدرسة الثانوية، عمره تسع عشرة سنة وهو يسكن في بيت جميل في حي المطار، في شارع القدس. قال محمد: يا والدي لا أستطيع النوم ولا أستطيع القراءة. صوت الطائرات مزعج. ولماذا لا ننتقل إلى بيت جديد؟
قال والده: اصبر يا ولدي، هذه آخر سنة للمطار القديم. قال محمد: وهل المطار الجديد داخل المدينة أيضا؟
قال والده: لا، المطار الجديد خارج المدينة. ابتسم محمد ثم تناول كتابه.



(ب)
في بيت عمر حديقة واسعة. في الحديقة أشجار كثيرة وزهور جميلة. هذه أشجار البرتقال وتلك أشجار التفاح، وهنا مسبح صغير وهناك ملعب كبير.
تجلس العائلة في في الحديقة، الأب يسبح في المسبح والأم تقرأ بعض الصحف والمجلات، وعمر يراجع دروسه وفاطمة تكتب الواجب المنزلي.
في المساء تجلس العائلة في غرفة الجلوس، تشاهد التلفزيون ثم تذهب إلى غرفة الطعام وتتناول العشاء
III. Metode                  :
·   Modelling
·   Diskusi

IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

a.    Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.    Guru mengecek kehadiran siswa
c.    Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d.    Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan alamat rumahnya
e.    Guru meminta salah seorang siswa yang lain untuk menyebutkan beberapa istilah yang berkenaan dengan tempat tinggal
f.     Guru memaparkan istilah-istilah penting yang berkenaan dengan tempat tinggal






Pengalaman pribadi
Guru

2
Kegiatan Inti

60 menit

a.    Seluruh siswa mendengarkan lafal guru dalam membaca kata, frasa atau kalimat
b.    Seluruh siswa menirukan lafal guru dalam membaca kata, frasa atau kalimat
c.    Seluruh siswa mendengarkan lafal guru dalam membaca wacana
d.    Seluruh siswa menirukan lafal guru dalam membaca wacana
e.    1 orang siswa memimpin teman-temannya membaca nyaring wacana tulis.
f.     Siswa dibagi dalam kelompok kecil.
g.    Setiap kelompok terdiri dari 2-3 orang.
h.    Setiap kelompok mengidentifikasi kata-kata atau istilah-istilah yang sulit.
i.      Setiap kelompok mengutus perwakilannya untuk menulis kata-kata atau istilah-istilah yang sulit tersebut di papan tulis.
j.      Setiap kelompok berdiskusi untuk menentukan tema dan ide pokok dari setiap paragraf.
k.    Setiap kelompok membuat rangkuman dari isi wacana tulis tersebut.
l.      Setiap kelompok membacakan hasil rangkumannya di depan kelas.
m.   Guru membuat klasifikasi kata-kata yang ada di dalam wacana tulis ke dalam isim dan fi’il.
n.    Guru mengklasifikasi isim menjadi dua, yaitu النكرة والمعرفة.
o.    Siswa membuat kesimpulan tentang   اسم النكرة والمعرفة
Kitab Al Arabiah lin Nasyiin

Kitab Al Arabiah lin Nasyiin












Buku Nahwu

3
Penutup

15 menit

a.    Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar kepada beberapa siswa.
b.    Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.    Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
Instrumen soal latihan





V. Sumber/Bahan/Alat Belajar    :
·   Buku العربية للناشئين  Jilid 3 halaman: 33 dan 42
·   Ruang multimedia
·   LCD






VI. Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen

·   Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
·   Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat
·   Menentukan tema wacana tulis
·   Menentukan ide pokok dari wacana tulis
·   Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
·   Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
·   Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
·   Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis


Individu dan kelompok

Performa dan unjuk kerja

1.    Bacalah dengan benar teks berikut!
2.    Temukan ide pokok dari setiap paragraf!
3.    Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

KRITERIA PENILAIAN

  1. Membaca
No
Nama
Kriteria
Skor
Ketepatan/
Kelancaran
Menemukan informasi tersurat
Menemukan ide pokok
Menemukan pesan
20
25
25
30
100
1
Buyung
10
10
20
20
60
2
Joy
20
10
20
20
70
3
Zulkifli
20
20
20
20
80








Menghetahui
Kepala Madrasah


Moh. Dimyanto, S. Ag

Guru Mapel Bahasa Arab



Moh. Dimyanto, S. Ag
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     X / I
Alokasi Waktu         :     2  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
         Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga

Kompetensi dasar:
MENULIS
4.1      Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
4.2      Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang bena

I.  Tujuan Pembelajaran:
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan mampu menulis kata, frasa dan kalimat dengan menggunakan khat riq’ah serta dapat menyusun paragraf sesuai tema

II. Materi Pembelajaran:
·   Menyalin ayat al-Qur’an ke dalam Khat riq’ah
إنما المؤمنون إخوة فأصلحوا بين أخويكم
إنما بعثت لأتمم مكارم الأخلاق
·   Menulis dikte kata-kata berikut
أهلا وسهلا، مرحبا، تشرفنا، تسكن، شقة، حي، عمارة
·   Menyusun wacana dengan topik tempt tinggal dengan bantuan kalimat-kalimat berikut:

1.    موقع البيت
2.    وصف البيت
3.    أنشطة أفراده
III. Metode:
·   Modelling
·   Diskusi

IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15

a.    Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.    Guru mengecek kehadiran siswa
c.    Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d.    2 orang siswa menulis ayat ke dua dari surat al Fatihah dengan khat riq’ah di papan tulis.
e.    Guru menulis kembali ayat tersebut dengan khat riq’ah




Kitab Al Qur’an
Buku panduan kaligrafii

2
Kegiatan Inti

60 menit

a.    setiap siswa menyalin khat riq’ah yang dicontohkan oleh guru.
b.    Setiap siswa menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didiktekan guru
c.    Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
d.    Setiap kelompok terdiri dari 5-6 orang
e.    Guru memberikan lembaran kertas kepada setiap kelompok berisikan:
1. wacana tulis yang masih belum legkap.
2. Kalimat-kalimat acak dari satu wacana.
f.     Setiap kelompok melengkapi wacana dengan kosa kata yang tersedia dan menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi sebuah wacana yang utuh.
g.    Hasil kerja kelompok dibacakan oleh perwakilan masing-masing kelompok.
h.    Setiap kelompok memberi masukan kepada kelompok lain.
i.      Setiap kelompok membuat wacana sesuai tema dengan memasukkan unsur kaidah tentang النكرة والمعرفة
Buku kaligrafi
Buku paket


Instrumen latihan

3
Penutup

15 menit

a.    Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar kepada beberapa siswa.
b.    Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.     Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa

Buku paket





V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·   Guru
·   Buku paket pelajaran Bahasa Arab Program Bahasa Asing
·   Ruang kelas

VI. Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen

·   Menulis kalimat dengan khat riq’ah
·   Menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didektekan oleh guru
·   Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
·   Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
·   Membuat wacana/cerita sesuai tema


Individu (khat), kelompok (membuat wacana)

Tes tulis
A. Salinlah tulisan ayat berikut ini ke dalam khat riq’ah
وإذ قال لقمان لابنه وهو يعظه يابني لا تشرك بالله إن الشرك لظلم عظيم
B. Buatlah wacana tentang topik wacana dengan topik ”Hubungan Antar Tetangga (العلاقة مع الجيران) dengan bantuan kalimat-kalimat berikut:

نحن نعيش في المجتمع
يحتاج كل واحد منا إلى الآخر ويساعد بعضنا بعضنا بعضا.
للتجار حقوق يجب أن نحترمها ونحافظ عليها.
·      اعانته إذا استعان
·      اعارته إذا استعار
·      عيادته إذا مرض
·      تشييع جنازته إذا مات
·      تهنيئه إذا نجح
وللمسلم واجبات لجاره لقوله صلى الله عليه وسلم: "من كان يؤمن بالله واليوم الآخر فاليكرم جاره" وقوله: "المسلم من سلم المسلمون من لسانه ويده"


KRITERIA PENILAIAN
  1. Menulis
No
Nama
Kriteria
Skor
Ketepatan Tulisan
Keindahan
Ketepatan kaidah
Pengembangan ide
20
20
30
30
100
1
Deni
15
15
20
20
70
2
Fauzan
15
20
20
15
70









Judul: RPP Bahasa Arab MA X
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh muhammad wildan
Anda sedang membaca artikel RPP Bahasa Arab MA X. Jika ingin mengutip, harap mencatat sumber asli URL http://gurupembelajaran.blogspot.com/2014/02/rpp-bahasa-arab-ma-x.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini jika anda berkenan tolong menjadi bagian dari blog ini dengan join this site atau bergabung dalam lingkaran google+.

No comments:

Post a Comment

untuk anda