Monday, January 20, 2014

Guru Profesional Kurikulum 2013 Harus Kreatif, Inspiratif dan Jujur

Gambar diambil dari nanangqosim institut blogspot dot com 

Guru Profesional Kurikulum 2013 Harus Kreatif, Inspiratif dan JujurPengertian Guru seperti yang sudahkita ketahui merupakan tenaga pendidik profesional tidak cukup hanya menguasai ilmu astau materi yang diajarkan, selain itu juga harus paham dengan keadaan siswa atau peserta didik. Agar tujuan pendidikan tercapai, seorang guru harus mempunyai sifat inspiratif dan kreatif agar
proses pembelajaran berlangsung dengan sempurna sehingga tercipta out put pendidikan yang berkualitas. Jika guru mempunyai rasa kreatif dan inspiratif yang besar maka dia akan mudah dalam mendidik siswa atau memberikan teladan atau uswah yang baik kepada peserta didik. Guru profesional harus bertanggung jawab akan pelayanan yang diberikan pada masyarakat, apakah yang diberikan sudah benar dan baik, apabila semua guru mempunyai rasa tanggung jawab yang besar, maka proses pendidikan tidak terjadi seperti di indonesia dimana banyak guru tidak bertanggung jawab pada tugas dan kewajibannya.
Seorang Guru yang kreatif dan inspiratif dituntut mampu memberikan layanan pendidikan terhadap peserta didik dengan berbagai latar belakang yang berbeda, seperti fisik, intelektual, sosial-emosional. Guru harus memperhatikan peserta didik di kelas maupun di luar kelas dengan latar belakang usia hampir sama, akan memperlihatkan penampilan, kemampuan, temperamen, minat yang beragam terhadap suatu pelajaran.
Seperti penjelasan di tas bahwa Guru kreatif dan inspiratif merupakan syarat jika ingin dikatak sebagai guru profesional, yang selalu menegakkan kode etik di dalam melaksanakan tugasnya di sekolah atau di masyarakat sebagai seorang guru yang profesional.
Selain kreatif dan inspiratif syarat mutlak seorang guru profesional adalah sifat jujur. Seorang guru harus bisa bersikap jujur dimana dan kapanpun berada. Jika guru tidak bisa jujur, maka jangan salahkan hasil pendidikan tidak seperti yang diharapkan, amburadul dan peserta didik tambah nakal dan brutal. Gambaran guru tidak jujur bisa di lihat di indonesia, dimana pendidikan yang ada hanya bisa mencipta koruptor, tidak hanya itu koruptornya pun handal dan lincah..

Guru inspiratif, kreatif, dan jujur merupakan kunci sukses dalam menerapkan Kurikulum 2013, yang selalu mengedepankan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya. Diharapkan, dengan kehadiran guru inspiratif dan kreatif dalam Kurikulum 2013, dapat menghasilkan peserta didik yang memiliki kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis dan kreatif, dan mampu menghadapi tantangan kehidupan yang begitu besar.
Judul: Guru Profesional Kurikulum 2013 Harus Kreatif, Inspiratif dan Jujur
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh muhammad wildan
Anda sedang membaca artikel Guru Profesional Kurikulum 2013 Harus Kreatif, Inspiratif dan Jujur. Jika ingin mengutip, harap mencatat sumber asli URL http://gurupembelajaran.blogspot.com/2014/01/guruprofesional-kurikulum2013-kreatifinspiratifdanjujur.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini jika anda berkenan tolong menjadi bagian dari blog ini dengan join this site atau bergabung dalam lingkaran google+.

1 comment:

untuk anda